Cari Blog Ini

Breaking News

Nuansa Ramadhan SDN 2 Kuripan Utara, Gelar Literasi Qur'an

Nuansa Ramadhan SDN 2 Kuripan Utara, Gelar Literasi Qur'an

Galakkan Pendidikan Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Qur'ani 

Matahari Siar.com (Lombok Barat) - Mengisi kegiatan pembelajaran di bulan suci Ramadhan 1438H, SDN 2 Kuripan Utara gelar kegiatan bernuansa islamic, yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa di sekolah. Demikian giat islami ini sebagai tindaklanjut himbauan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat.

Kepala SDN 2 Kuripan Munarah SPd mengutarakan, sesuai dengan edaran Dikbud Lobar sekarang yakni dianjurkan selama dalam bulan Ramadhan untuk mengadakan tadarusan bersama sebagai literasi Al-Qur'an minimal mulai jam 8 selama 15 meni. Setelah itu kegiatan pendidikan agama dilanjutkan dengan shalat Dhuha bersama baru proses kegiatan belajar mengajar sebagai rutinitas biasa.

"Sebelum jam pulang sekolah kami, melaksanakan shalat dzohor bersama di mushala secara bergiliran setiap kelas," katanya.

Selain itu lanjut Munarah, pihak sekolah juga mempunyai program kegiatan agama dengan menggelar lomba Pidato, lomba tahvids ayat ayat pendek, lomba tilawah, lomba Azan dan lomba iqomah.

"Kemarin hari Senin Kamis sudah melaunching secara resmi terkait lomba ini," papar dia.

Ia mengapresiasi bahwa kegiatan Ramadhan ini sangat positif. Selain bisa membangun kualitas pendidikan agama, juga sebagai sarana memperdalam iman dan taqwa gura dan siswa itu sendiri.

Diharapkan, kegiatan ini terus berkelanjutan dalam pengembangan syiar agama Islam. Melalui Lomba Tahfidz Al-Qur’an, bisa menemukan generasi baru penghafal Al-Qur’an di Kecamatan Kuripan.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan berkembang sehingga anak-anak bisa lebih cinta Al-Qur’an,” katannya.

Sementara Munawir SP,di guru mata pelajaran agama menyebutkan, Selaku guru PAI menggagas sejumlah item lomba keagamaan di bulan Ramadhan ini. Kegiatan ini dikhajatkan untuk mendorong dan memotivasi siswa dalam meningkatkan iman dan taqwa siswa.

Bersama dengan itu, pihaknya sudah membuat program dengan membuat secara terpisah seperti kelas l, kelas ll dan kelas lll sebagai kelas rendah yang akan bersain dengan kelas lV jelas V dan kelas Vl atau yang disebut kelas tinggi.

"Lomba ini bagus terutama untuk membentuk karakter iman dan taqwa siswa terutama di bulan Ramadhan ini," ujarnya.

Dikatakannya, untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan siswa, guru guru memberikan pembinaan dan  pelatihan. Selain itu, guru juga perkuat pembekalan mereka melalui giat imtaq serta memalui diklat yang diadakan di sekolah.

"Intinya siswa tetap kami kasih pembekalan untuk memperdalam materi dalam lomba lomba yang kita gelar sekarang," pungkas Munawir.

Siti Aminah SPdi guru Agama Islam  menerangkan, lomba ini sudah mulai di gelar oleh pihak sekolah. Tetapi khusus untuk lomba tahvids pihaknya memberikan target untuk masing masing anak . Sementara untuk yang kelas rendah itu sendiri ditargetkan menghafal dari An Nas sampai takatsur. Kemudian untuk kelas lV dan kelas lV diberikan dan An Nas sampai Al jazalah. Namun khusu kelas Vl dinaikan targetnya dari An Nas sampai satu juz.

"Sekali seminggu kami berikan extra kurikuler tilawah kepada anak anak untuk mengasah kemampuan anak," jelasnya.

Kolaborasi dan kerjasama yang kuat dari Kepala sekolah dan guru guru yang ada, jadi semua nuansanya lebih bersemangat, sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada kendala sama sekali.

"Dari anak anak itu sendiri, terlihat sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan lomba keagamaan ini, Semoga bisa menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik buat kita semua di sekolah ini," papar dia. (W@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close