Cari Blog Ini

Breaking News

Servis Layanan Untuk Masyarakat, Desa Kediri Selatan Buka Kios Adminduk

Servis Layanan Untuk Masyarakat, Desa Kediri Selatan Buka Kios Adminduk 


Matahari.com (Lombok Barat) -Mengedepankan servis pelayanan masyarakat,  Pemerintah Desa Kediri Selatan fasilitasi pengurusan berbagai dokumen kependudukan. Demikian program tersebut diaktualisasikan dengan melaunching Kios Adminduk. Selain itu, menerapkan wujud transformasi digital dan penggunaan tandatangan elektronik.


"Alhamdulillah, tepat di penghujung 2023 ini, sekaligus bersamaan momentum HUT Desa Kediri Selatan ke 12, kami melaunching Kios Adminduk dan penggunaan tandatangan elektronik. Semuanya ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kami," ungkap Kepala Desa Kediri Selatan Edi Erwinsyah 6/12/23.


Kios Adminduk kata Edi, yakni layanan yang dibuka khusus untuk masyarakat di wilayah Kediri Selatan terhadap kebutuhan sejumlah administrasi kependudukan seperti pembuatan akta kelahiran, pembuatan akta kematian serta pembuatan perubahan KK. 


"Layanan ini cukup di Kantor Desa kami,  dengan segenap service layanan praktis," ujar dia.


Menurutnya, jika layanan Adminduk bisa cepat, mudah, transparan dan bisa lebih terbebas dari calo, maka semua bisa menjadi layanan untuk bisa semakin baik dan menjadi kepuasan bagi pemerintah desa itu sendiri.


“Sejalan dengan harapan masyarakat, lebih dekat dan semakin mudah, tak perlu lagi datang ke Dukcapil, karena semua cukup datang ke Kantor Desa saja," ucapnya.


Pelayanan Kios Adminduk ini melayani semua kebutuhan masyarakat. Pihaknya sudah membuat perjanjian kerjasama dengan Dukcapil Lombok Barat. Menindaklanjuti itu, pihak desa juga sudah melaksanakan kegiatan perekaman terutama untuk para lansia dan orang orang sakit. Hal ini bertujuan untuk mengikuti program UHJ. Karena jangan sampai masyarakat terutama mereka yang lansia dan orang sakit, dia tidak bisa dibantu biaya kesehatannya karena tidak memiliki KTP


"Kita sudah melakukan. Itu dalam waktu sehari. Jadi kita menggunakan sistem jemput kepada masyarakat kita untuk perekaman. Alhamdulillah itu sudah sukses dan kami sangat berterima kasih kepada pihak Dukcapil," terang Edi Erwinsyah.


Selain itu lanjut Edi, pihaknya juga menerapkan wujud transformasi digital 

dengan menggunakan tandatangan elektronik. Hal ini dilakukan untuk memudahkan layanan yang efektivitas dan efisiensi bagi masyarakat.


"Misalnya jika Kepala Desa  berada luar Kantor atau luar daerah, pelayanan masyarakat tetap akan tertangani dengan melakukan tandatangan elektronik seperti surat keterangan, surat undangan dan lainnya," sebut Edi.


Berkaitan dengan kesibukan atau berada di luar daerah, ini juga sangat membantu kita untuk segera menandatangani persuratan kapan saja dan di mana saja. 


Sementara itu, pihak desa juga sudah mulai mengaktifkan penggunaan website Desa Kediri Selatan. Dimana di website ini menampilkan fitur pelayanan kepada masyarakat seperti surat menyurat. Selain itu melalui media website ini, pihaknya juga bisa mempromosikan produk produk unggulan masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang ada di wilayah Desa Kediri Selatan.


"Inilah kegiatan di penghujung tahun 2023 ini, kita sudah launching dan sudah berjalan untuk masyarakat," jelasnya.


Untuk mengasah kemampuan digital marketing, pelaku UMKM yang ada di wilayah Kediri Selatan, semuanya dibekali pelatihan mengenai pemasaran dalam memenangkan persaingan, sekaligus meraih kesuksesan di pasar global yang semakin kompetitif, pungkasnya. (Ikhw@N)


0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close