Cari Blog Ini

Breaking News

SMKN 1 Lembar dan SMK 1 Gerung Cetak Generasi Berkualitas

 

SMKN 1 Lembar dan SMK 1 Gerung
Cetak Generasi Berkualitas


Lulusan Dua SMKN Di Lobar, Diserap Lokal dan Perusahaan Luar Negeri

Matahari Siar.com(Lombok Barat) -
Cetak generasi berkualitas, dua sekolah kejuruan SMKN 1 Lembar dan SMKN 1 Gerung Lombok Barat,  salurkan lulusan taruna taruni bekerja di perusahaan lokal hingga ke luar Negeri. Lulusan SMKN kejuruan ini
memiliki keunggulan dimana anak diberikan keterampilan yang siap untuk bekerja berdasarkan pendidikan yang sesuai dengan kompetensi dan keahliannya.

Negara Jepang misalnya, salah satu perusahaan yang siap merekrut kemampuan seperti lulusan SMKN 1 Lembar . Namun sebelum itu, tidak tanggung tanggung mereka yang akan dikirim harus dengan melalui seleksi super ketat. Selain SMKN 1 Lembar, lulusan SMKN 1 Gerung juga direkrut bekerja oleh oleh hotel-hotel di wilayah Lombok.

Kepala SMKN 1 Lembar Ahmad Quroni melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Humas, M.S Efendi.,M.Si., mengatakan sebanyak 39 taruna dan Taruni SMKN 1 Lembar diterima bekerja di sejumlah perusahaan di Jepang. 39 siswa itu, masing-masing diberangkatkan bertahap. Ada 25 siswa siswi SMKN 1 Lembar diterima bekerja melalui perekrutan Semesta Indah Indonesia, salah satu perusahaan yang merekrut magang kerja Jepang.

"Alhamdulillah 39 siswa siswi (taruna Taruni) kita diterima perusahaan Jepang,"terang dia Kemarin.

Mereka diterima di perusahaan bagian pengolahan dan penangkapan perikanan serta budidaya perikanan. Rekrutmen 25 siswa siswi ini dilakukan oleh satu perusahaan. Selain 25 siswa siswi ini, ada juga sudah dilakukan perekrutan oleh perusahaan lain sebanyak 14 siswa siswi.

"Itu juga ke Jepang, sama kerjaan di pengolahan, budidaya dan penangkapan perikanan"ujarnya. Lebih lanjut dikatakan puluhan siswa siswi ini merupakan alumni yang sudah lulus tahun sebelum-sebelumnya dan sudah ujian. 

Perusahaan yang merekrut langsung ke sekolah melakukan seleksi. Dari puluhan Siswa ini, ada juga siswi atau Taruni yang lulus di perusahaan budidaya. Siswa siswi yang diterima bekerja ini berasal dari beberapa jurusan, diantaranya jurusan Nautika kapal penangkap ikan, teknika kapal penangkap ikan, agribisnis perikanan payau dan laut.

"tiga ini yang Khusus ke Jepang. Sedangkan jurusan lain, pasar kerja nya berbeda. Ada yang ke kapal Kargo, Tangker, dan Roro," ungkap dia.

Gaji yang diterima lulusan SMKN 1 Lembar yang bekerja ke Jepang lanjut dia, sangat besar. Bulan pertama diterima gaji dengan interval 16-17 juta, lalu kemudian dievaluasi tiga bulan pertama. Gajinya bisa naik lagi hingga 21 juta per bulannya. "Jadi anak-anak yang lulus ini sudah ada penempatan kerja,"ujarnya.

Sementara itu, kepala SMKN 1 Gerung Hj Erni Zuhara mengatakan tahun ini sebanyak siswa siswi yang lulus tahun ini sudah ada diterima kerja oleh hotel-hotel di wilayah Lombok.

"Dari 224 yang lulus, Alhamdulillah sudah ada yang terikat kontrak kerja atau diterima kerja, jadi mereka tidak menganggur,"jelas dia.

Tentunya ini berjalan dengan baik amanah dari adanya SMK ini, yakni bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan pendidikan. Tentunya ini sekaligus menjawab dan menepis stigma bahwa SMK itu dianggap penyumbang pengangguran.

Artinya bebagai upaya yang dilakukan melalui kerjasama dengan Iduka ada hasilnya secara langsung. Karena itu pihaknya tak lain berhenti sampai disitu, kedepan pihaknya intens mempertajam skill, Kemampuan dan keterampilan. Pihaknya juga berupaya mempertajam kemampuan bahasa Inggris dari peserta didiknya. Itu dilakukan pihaknya melalui kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi.

"Sudah berjalan sejak semester lalu, pertengahan semester ganjil. Alhamdulillah ada perkembangan,"ujar dia. (Ikhw@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close