Cari Blog Ini

Breaking News

Latih Motorik Anak, Ratusan PAUD Se- Lobar Ikuti Lomba Mewarnai

Latih Motorik Anak, Ratusan PAUD Se- Lobar Ikuti Lomba Mewarnai


Atraksi Gebyar PAUD 

Matahari.com (Lombok Barat) -  Meriahkan Hari Anak Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar gebyar PAUD se Kabupaten Lombok Barat. Prosesi gebyar ini, menyediakan ajang kreatifitas bagi anak PAUD untuk  meningkatkan bakat dan kemampuan anak, yakni menggelar lomba tari dan lomba mewarnai, yang diikuti oleh 571 PAUD holistik integratif dan non holistik integratif.


Bunda PAUD Lombok Barat Hj. Khaeratun mengutarakan, sangat mengapresiasi dengan kegiatan lomba tingkat PAUD se Lombok Barat ini. Sebab untuk memajukan dunia pendidikan anak usia dini harus bisa menciptakan situasi, inovasi, dan kegiatan yang disenangani oleh anak-anak itu sendiri.

"Ciptakan suasana yang disenangi anak-anak, dengan begitu perkembangan anak juga lebih semangat dalam belajar," ujarnya.

Dikatakannya, anak usia dini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah terutama dibidang pendidikan secara Nasional, yakni meningkatkan program terintegrasi dengan melaksanakan kegiatan PAUD holistik terintegrarif.

"Saya menghimbau kepada lembaga pendidikan untuk lebih meningkatkan menuju sasaran tujuan PAUD HI," pintanya.

Tujuan PAUD HI lanjut Hj. Khaeratun, adalah untuk pengembangan anak usia 0-6 tahun yang meliputi pendidikan, kesehatan, pengasuhan dan perawatan serta perlindungan yang menjadikan anak cerdas,ceria dan berakhlak muliia.

Sementara itu, Kabid PAUD Nur 'aini Syapii SP.d menuturkan, dalam gebyar PAUD ini, pihaknya berinisiasi untuk mendorong dan memberikan  kemerdekaan belajar. Salah satunya dengan kegiatan lomba mewarnai seperti sekarang ini.

"Dengan lomba ini, bisa memberikan ruang anak untuk mengekpresikan apa yang mereka bayangkan. Ini kan sesuatu yang menyenangkan," ujarnya.

Dalam momentum Hari Anak Nasional, pihak Dikbud merangkai dan memeriahkannya dengan dua mata lomba yaitu lomba mewarnai dan lomba tari. Sebagai pemenang juara l juara ll dan juara lll, pihaknya mensuport dengan aneka hadiah menarik seperti sejumlah perangkat alat elektronik.

"Lomba ini juga untuk melatih motorik anak. Karena dengan lomba mewarnai misalnya, anak bisa membedakan warna yang satu dengan warna yang lain. Dengan demikian anak bisa dilatih perkembangan motorik yang ada pada diri mereka sendiri," papar dia.

Menurutnya, Hingga saat ini pihaknya memiliki 571 jumlah PAUD yang tersebar di Lombok Barat saat ini. Sebanyak 260 diantaranya merupakan PAUD HI (Holistik Integratif). Pihaknya tuntas menyerahkan data PAUD HI  kepada Propinsi. Data HI ini harus yang sudah terintegrasi dengan posyandu dan BKB. 

"Lima layanan ini semuanya sudah ada karena ini menjadi bagian dari verifikasi Propinsi. Karena dalam memenuhi kebutuhan esensial anak meliputi kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan melalui pengembangan anak usia dini HI," jelas Nur 'Aini.

Harapannya, kegiatan yang sekarang ini mungkin kita bisa memberikan kesempatan kepada anak-anak penyandang disabilitas untuk bisa berkreasi di kegiatan gebyar PAUD ini. (Ikhw@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close