Cari Blog Ini

Breaking News

Rangkaian Hari Anak Nasional, Dikbud Lobar Gelar Gebyar Paud

Rangkaian Hari Anak Nasional, Dikbud Lobar Gelar Gebyar Paud


Ribuan Peserta Antusias Ikuti Atraksi Anak

Matahari.com (Lombok Barat) - Gebyar Paud dan Road Show Bunda Paud/Ketua TP. PKK Provinsi NTB di Rangkai Dengan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023, berlangsung di Bencingah Agung Kantor Bupati, dengan tema "Anak Terlindungi, Lombok Barat Mantap, Indonesia Maju" 8/8/23.

Momentum yang menyuguhkan stimulus terampil dan kecerdasan anak usia dini yang berkualitas ini, sekaligus dirangkai dengan seabrek atraksi anak seperti senam massal, lomba menggambar, lomba tari dan lomba drumband. Alhasil, gelaran tersebut diikuti 1700 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Lombok Barat terlibat menjadi peserta.

Bunda Paud Hj. Khaeratun M.Si menyampaikan, gebyar paud ini merupakan kegiatan untuk mendorong semangat dan  motifasi anak usia dini serta membentuk karakter anak sehingga dapat menjadikan pribadi yang baik, bisa berkreasi dan inovatif.

"Gebyar paud ini dalam rangka memperingati hari anak Nasional yang bekerjasama dengan Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat, PKK, BP2KBP3A. Terimakasih atas sinergitas semua pihak atas kerjasamanya," ujar dia.

Diharapkan kata Khaeratun, kepada orang tua dan para guru agar bisa mendidik anak anak yang berkarakter, disiplin dan jujur. Sebab mereka ini sebagai modal utama menjadi penerus bangsa. Untuk itu, peran guru dan orang tua harus terus memberikan nilai kebaikan pada anak anak kita.

Sementara itu, Sekda Lobar H. Ilham mengatakan, di hari anak Nasional tahun ini, Kabupaten Lombok Barat mendapatkan penghargaan dari pemerintah RI sebagai salah satu Kabupaten layak anak. Ini artinya memberikan gambaran sekaligus kemampuan pemerintah daerah bahwa Lombok Barat memiliki perhatian dan memiliki atensi yang luar biasa terhadap hak hak anak. Serta memiliki perhatian yang luar biasa terhadap bagaimana anak anak Indonesia di Lombok Barat harus mendapatkan perlindungan.

Selain itu, sejauh ini  peran pemerintah terhadap anak anak di Lombok Barat harus memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang sebaik baiknya.

Lombok Barat bergerak dengan perlahan tapi pasti, mulai dari Kabupaten layak anak pada record pertama, kemudian Madya dan sekarang menyandang status anak level Nindya.

"Satu langkah lagi Kabupaten Lombok Barat akan sampai pada level utama," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bunda Paud Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati SE, MSc menyebutkan,   masa anak usia dini adalah masa keemasan dimana kita sedang meletakkan pondasi utama bagi pembentukan karakter anak anak kita yang akan tumbuh dan berkembang.

Masa masa emas ini seyogyanya mengutamakan dalam mengetahui keterampilan moral dan mengerti, memahami mana hal baik dan hal buruk, serta anak harus mampu menempatkan emosi, sosial, bahasa, koknitif.

"Dan yang paling penting itu adalah bahwa belajar itu menyenangkan. Itulah yang harus bisa tanamkan ke anak anak kita semua," ujarnya.

Kita berharap agar anak kita dalam menjalani proses hidupnya, dapat belajar yang menyenangkan serta berasa dalam lingkungan yang kafani.

"Saya meminta perhatian dan kerjasama dari para guru, orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk betul betul menjaga anak anak kita sehingga mereka dapat tumbuh berkembang dalam ruang lingkungan yang terlindungi," papar Hj. Niken (Ikhw@N)



0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close